fbpx

Pabrik Wedang Uwuh

Pabrik Wedang Uwuh Terlaris » Hub. 0821-2155-6131 « Produsen Terbaik dalam menyediakan Wedang Uwuh Asli Berkualitas

Wedang Uwuh, Pabrik Wedang Uwuh

Wedang Uwuh terkenal sebagai minuman khas kota Istimewa Yogyakarta. Penamaan minuman ini diartikan minuman sampah yang berasal dari bahasa jawa . nama minuman sampah disini bukan berarti minuman yang layak dibuang atau sudah tidak bisa diminum dan kotor ya.

Disebut sebagai wedang uwuh atau minuman sampah bahan bakunya terdiri dari berbagai rempah yang diseduh/direbus langsung. minuman ini tampil layaknya seduhan dari sampah dedaunan dan ranting kayu. Daun dan rempah-rempah yang dipakai untuk membuat minuman ini tidak sembarang jenis daun.

Wedang Uwuh, Pabrik Wedang Uwuh

Ada beberapa jenis rempah yang memang sudah dikenal mempunyai khasiat bagi kesehatan tubuh. Gabungan dari rempah-rempah yang berbagai macam ini selain menghasilkan manfaat berlipat namun juga rasa yang nikmat

Wedang uwuh kini sudah populer dan dikenal bahkan hingga ke luar Yogyakarta dan mancanegara. Meskipun sudah ada minuman instan serbuk dengan rasa serupa, kenikmatan wedang uwuh asli tetap tidak bisa tertandingi karena racikan tangan langsung.

Minuman berwarna merah ini acap kali disajikan dan diminum selagi kondisi hangat . Tak hanya menghangatkan tubuh, minuman tradisional ini juga ternyata memiliki banyak manfaat berkat bahan-bahan alami yang digunakan untuk meraciknya. Tentang wedang uwuh di wikipedia.

Wedang Uwuh, Pabrik Wedang Uwuh

Manfaat Wedang Uwuh Secara Umum

Selain untuk menghangatkan tubuh, minuman ini menyimpan berbagai manfaat untuk kesehatan. Tak heran banyak orang yang ingin mencoba dan penasaran dengan minuman ini tatkala singgah di Yogyakarta. Berikut ini beberapa manfaat wedang uwuh bagi tubuh Anda dilihat dari berbagai sisi
• Menghangatkan tenggorokan
• Meredakan batuk dan pilek.
• Mengobati masuk angin serta perut kembung.
• Mengontrol kadar kolesterol dalam darah
• Melancarkan peredaran darah
• Menghangatkan tubuh
• Meredakan Pegal-linu
• Memperkuat sistem imun atau kekebalan
• Sumber antioksidan penangkal radikal bebas
• Membuat tubuh menjadi segar, dan
• Mengurangi rasa lelah

Manfaat khusus Wedang Uwuh untuk Diet

Tidak hanya berkhasiat untuk menjaga kesehatan tubuh, secara khusus wedang uwuh juga sangat membantu dalam program diet .

Kaum hawa pasti sangat tertarik dengan bahan-bahan alami yang bermanfaat untuk menghilangkan lemak dalam tubuh serta menurunkan berat badan. Manfaat untuk diet didapat dari bahan jahe yang mampu membakar kalori dalam tubuh

Wedang Uwuh, Pabrik Wedang Uwuh

Sejarah Wedang Uwuh

Kisah dan hikayat minuman tradisional ini dimulai pada zaman kerajaan Mataram kuno yang dinahkodai oleh Sultan Agung, serta terciptanya minuman ini terjadi karena ketidaksengajaan dan mengalir begitu saja.
Konon, pada suatu hari Raja dan para pengawalnya sedang bepergian mencari lokasi untuk komplek pemakaman keluarga kerajaan.

Setelah berkeliling ke berbagai lokasi sampailah ke daerah Bukit Merak Imogiri, Bantul, Yogyakarta. Lokasi tesebut dipilih oleh sang Sultan yang lantas memutuskan bersemedi untuk memantapkan pilihan akan lokasi tersebut.

Kondisi bukit yang dingin membuat Sultan meminta tolong pengawalnya membuatkan minuman penghangat tubuh selama bersemedi. Singkat cerita , sang pengawal memutuskan untuk membuat wedang secang yang kemudian ditaruh di bawah pohon tepat disamping Sang Sultan bersemedi.

Pepohonan yang rindang tertiup oleh angin sehingga dedaunan serta rantingnya berguguran dan tak sengaja masuk ke dalam wadang secang buatan pengawal tadi. Daun dan ranting tersebut bercampur menjadi satu dengan minuman tersebut. Kondisi tempat semedi yang gelap membuat Sultan tidak melihat ada yang ganjil dengan minuman beliau. Serta merta langsung saja menyeruput wedang secang dengan campuran daun serta ranting tadi.Tak dinyana beliau pun menyukai rasa khas dari minuman tersebut.

Keesokan harinya Sultan meminta pengawal untuk membuatkan lagi minuman yang sama. Merasa heran dan kaget dengan ekspresi Sultan akan rasa minuman tadi malam , spengawal pun mengambil gelas bekas Sultan dan heran melihat isi ranting dan beberapa helai daun di dalamnya. Akhirnya si pengawal meracik minuman dengan bahan yang sama dengan yang ada di gelas Sultan hingga terciptalah wedang uwuh yang menjadi minuman khas favorit hingga saat ini.

Wedang Uwuh, Pabrik Wedang Uwuh

Bahan Wedang Uwuh

Wedang tradisional ini sangat kaya akan rempah-rempah asli Indonesia. Campuran dari kumpulan rempah ini menghasilkan rasa yang nikmat, hangat bercitarasa khas desa . Cita rasa dari wedang uwuh ini sendiri adalah manis-pedas-segar. berikut daftar bahan bahan wedang uwuhnya:

• Kayu secang yang telah dikeringkan
• Gula batu
• Jahe merah
• Daun kayu manis yang telah dikeringkan
• Batang cengkeh yang telah dikeringkan
• Daun pala kering
• Cengkeh kering

Cara Penyajian Wedang Uwuh

Cara meracik dan menyajikan wedang uwuh sebenarnya cukup sederhana yaitu sebagai berikut:

    1. Persiapkan semua bahan seperti yang tercantum diatas
    2. Siapkan jahe dan bakar terlebih dahulu smpai terlihat kecoklatan , kemudian digeprek
    3. Masukkan air ke dalam panci beserta jahe, batang cengkeh, cengkeh, daun pala, daun kayu manis, daun pala dan kayu secang panaskan hingga mendidih.
    4. Biarkan rebusan tersebut selama kurang lebih 15 menit sambil menunggu hangat
    5. Tuangkan ke cangkir favorit anda dan wedang uwuh siap dihidangkan. Variasi penghidangan bisa dalam bentuk yang sudah disaring ataupun bentuk asli dengan banyak bahan uwuh di dalamnya

Wedang Uwuh, Pabrik Wedang Uwuh

Beberapa Manfaat Khusus

Beberapa manfaat khusus yang dapat diperoleh jika kita mengonsumsi wedang uwuh, diantaranya:

1.Menurunkan Kolesterol

Pertama, wedang uwuh dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Bahan yang ada dalam wedang uwuh yang berkaitan dengan fungsi tersebut adalah jahe. Jahe, sangat berguna sebagai pelancar peredaran darah dalam sistem organ .

Keunggulan yang dimiliki jahe dapat mencegah terjadinya pembekuan darah dan lebih baik jika dibandingkan dengan bawang merah maupun putih.

Selain itu, jahe juga bisa membantu mengendalikan tekanan darah tinggi dengan cara mengurangi laju peredaran darah sehingga tidak terlalu menekan pembuluh arteri.

2.Mengobati Masalah Perut

Kandungan lain yang terdapat dalam wedang uwuh selain jahe adalah kayu manis. Kayu manis inilah yang akan membuat rasa dari minuman herbal ini menjadi lebih nikmat. Kayu manis, mengandung antioksidan yang sangat tinggi, sehingga dapat menangkal parahnya radikal bebas.

Tidak hanya itu, kandungan ini juga mampu membuat kulit menjadi lebih awet muda dan mengatasi masalah perut.

3.Menghilangkan Capek

Wedang uwuh juga dapat menghilangkan capek yang karena aktivitas padat sehari hari.

Wedang Uwuh, Pabrik Wedang Uwuh

4.Kaya Antioksidan

Bahan lain dari wedang uwuh yang juga berkhasiat istimewa adalah kayu secang. Kayu secang inilah yang memiliki manfaat diantaranya untuk mengatasi berbagai jenis penyakit dalam seperti batuk darah, sipilis, dan radang. Kayu secang juga bermanfaat untuk menghangatkan tubuh, sebagai antioksidan, antikanker, melegakan pernafasan dan melancarkan peredaran darah dari jantung ke seluruh tubuh

5.Menghilangkan Nyeri

Bahan selanjutnya adalah pala. kandungannya berupa saponin, flavonoid, dan polifenol yang bermanfaat untuk melancarkan haid, melancarkan sistem pencernaan, menghilangkan nyeri perut, meredakan perut mulas, mengatasi penyakit lambung, serta melancarkan sirkulasi darah.

6. Menyegarkan Badan

Mengkonsumsi wedang uwuh membuat badan akan terasa lebih segar. Selain itu, wedang uwuh juga dapat membuat tubuh lebih bersemangat untuk melakukan aktivitas yang membutuhkan ketelitian tinggi

7.Meningkatkan Sistem Imun

Kemudian, manfaat lain dari wedang uwuh adalah dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan memperlancar aliran darah.

8.Melancarkan Sirkulasi Darah

Akan sangat berbahaya jika aliran darah kita tidak lancar. Dampaknya akan mengganggu sitem organ lainnya. Minuman ini sudah begitu dikenal dengan sebutan sebagai obat alami untuk memperlancar sirkulasi darah .

Wedang Uwuh, Pabrik Wedang Uwuh

9.Menyembuhkan dan Mencegah Masuk Angin

Masuk angin yang sering datang saat kondisi kurang fit dapat disembuhkan dengan minuman ini. Hal ini karena salah satu kandungan kolaborasi bahan bahan dari wedang uwuh .

10.Menghangatkan Badan

Selanjutnya, wedang uwuh yang mengandung jahe amat sangat mamberikan efek positif pada badan karena menjaga suhu tubuh dalam kondisi hangat. Yuk baca juga tentang bawang tunggal.

Pabrik Wedang Uwuh

Untuk mendapatkan Wedang Uwuh ini , anda tidak perlu jauh jauh datang ke Yogyakarta

Kami, sebagai Produsen dan Pabrik Wedang Uwuh Jogja Siap mengirimkan

Silahkan Hubungi kami disini : Hub. 0821-2155-6131

Wedang Uwuh, Pabrik Wedang Uwuh