Pantai Ngrenehan, salah satu pantai tersembunyi di Yogyakarta yang menawarkan keindahan alam yang mempesona dan berbagai pengalaman wisata yang tak terlupakan.

Sejarah Pantai

Pantai ini memiliki sejarah yang unik dan menarik. Nama ‘Ngrenehan’ berasal dari istilah Jawa ‘pangrena’ yang berarti ajakan atau undangan. Menurut cerita rakyat setempat, nama ini diberikan oleh Raja Demak, Raden Fatah, sebagai simbol ajakan untuk datang dan menikmati keindahan pantai ini.

Pantai ini telah lama menjadi tempat yang penting bagi masyarakat sekitar karena pantai ini menjadi sumber mata pencaharian utama bagi warga sekitar.

Lokasi Pantai

Pantai ini beralamat di Kanigoro, Saptosari, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Berjarak 65 Kilometer dari kota Jogja, untuk menuju pantai ini Anda membutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan.

Pantai ini berada di antara dua bukit karang, sehingga memiliki pemandangan yang sangat indah dengan air laut yang biru dan pasir pantai yang putih.

Lokasi yang agak tersembunyi membuat pantai tidak terlalu ramai, sehingga bisa menjadi pilihan tepat bagi Anda yang mencari pantai yang tenang dan minim keramaian.

 

Rute Menuju Pantai Ngrenehan

Anda bisa mengambil rute dari Yogyakarta menuju arah Wonosari. Setelah sampai di Pasar Trowono, ambil jalur ke arah selatan menuju ke daerah kelurahan Kanigoro. Ikuti petunjuk jalan yang ada dan Anda akan sampai di Pantai Ngrenehan.

 

Jasa Sewa Motor Jogja oleh Farrago

Jika Anda berencana untuk berkunjung ke Pantai Ngrenehan dan mencari transportasi yang praktis dan ekonomis, Farrago menawarkan solusi terbaik untuk Anda. Farrago adalah penyedia jasa sewa motor Jogja yang terpercaya dan berpengalaman. Dengan menggunakan jasa Farrago, Anda bisa menjelajahi keindahan Pantai dan destinasi wisata lainnya di Yogyakarta dengan lebih bebas dan fleksibel.

 

Harga Tiket Masuk

Pantai Ngrenehan

Pantai Ngrenehan

Untuk dapat menikmati keindahan dan fasilitas yang ada, pengunjung diwajibkan untuk membayar tiket masuk. Harga tiket masuk ke Pantai Ngrenehan sangat terjangkau, yaitu sebesar Rp 5.000 per orang. Harga ini sudah termasuk akses ke seluruh area pantai dan fasilitas umum yang tersedia.

Artikel Terkait  Monumen Jogja Kembali: Destinasi Wisata Edukatif di Yogyakarta

Selain tiket masuk, pengunjung yang membawa kendaraan juga perlu membayar biaya parkir. Untuk kendaraan roda dua seperti sepeda motor, tarif parkirnya adalah Rp 3.000. Sedangkan untuk kendaraan roda empat seperti mobil, tarif parkirnya adalah Rp 5.000. Tarif parkir ini berlaku untuk parkir selama satu hari penuh.

Fasilitas di Pantai Ngrenehan

Area Parkir Luas

Pantai Ngrenehan dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memadai untuk memastikan kenyamanan pengunjung. Salah satu fasilitas utama di pantai ini adalah area parkir yang luas dan aman.

Toilet dan Kamar Ganti

Selain itu, Pantai Ngrenehan juga memiliki toilet dan kamar ganti yang bersih dan terawat. Fasilitas ini sangat penting bagi pengunjung yang ingin berenang atau bermain air di pantai.

Warung Makan

Kuliner Pantai Ngrenehan

Kuliner Pantai Ngrenehan

Untuk pengunjung yang ingin beristirahat atau makan, terdapat beberapa warung dan kafe di sekitar pantai. Di sini, Anda bisa menikmati berbagai jenis makanan dan minuman, termasuk seafood segar yang merupakan spesialitas Pantai Ngrenehan.

Tempat Pelelangan Ikan

Tidak hanya itu, Pantai Ngrenehan juga memiliki Tempat Pelelangan Ikan (TPI) yang menjadi daya tarik tersendiri. Di sini, Anda bisa melihat langsung proses pelelangan ikan segar yang baru ditangkap oleh nelayan setempat. Anda bahkan bisa membeli ikan segar ini untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Pos Penjagaan SAR

Fasilitas lain yang tidak kalah penting adalah pos penjagaan dan petugas keamanan yang selalu siaga. Mereka bertugas untuk menjaga keamanan dan ketertiban di Pantai Ngrenehan, sehingga Anda bisa menikmati liburan dengan tenang dan aman.

 

Spot Foto Menarik

Perahu Nelayan

Perahu Pantai Ngrenehan

Perahu Pantai Ngrenehan foto : Wisata Jogja

Pantai ini menawarkan berbagai spot foto yang menarik dan instagramable. Salah satu spot foto terbaik adalah di tepi pantai dengan latar belakang perahu-perahu nelayan yang sedang berlabuh. Dengan pasir putih yang bersih, air laut yang biru, dan langit yang cerah, foto Anda dijamin akan terlihat menakjubkan.

Sewa Perahu Nelayan

Sewa Perahu Pantai Ngrenehan (Small)

Sewa Perahu Pantai Ngrenehan (Small)

Anda juga bisa menyewa perahu nelayan untuk mengarungi perairan di sekitar pantai ngrenehan

Bukit Karang

Selain itu, Anda juga bisa berfoto di atas bukit karang yang berada di sekitar pantai. Dari sini, Anda bisa mendapatkan pemandangan Pantai yang luas dan indah. Jangan lupa untuk menunggu matahari terbenam dan mengambil foto siluet dengan latar belakang matahari yang tenggelam. Ini akan menjadi foto yang sangat dramatis dan memukau.

Artikel Terkait  Museum Batik Yogyakarta : Info Lokasi dan Tiket Masuk

Aktivitas Nelayan

Jika Anda beruntung, Anda juga bisa mendapatkan foto dengan latar belakang nelayan yang sedang beraktivitas. Ini akan memberikan sentuhan lokal dan autentik pada foto Anda. Namun, pastikan untuk selalu menghormati privasi dan aktivitas mereka.

 

Aktivitas Menarik

Berenang dan Bermain Air

Dengan air laut yang jernih dan ombak yang tenang, Pantai Ngrenehan adalah tempat yang ideal untuk berenang atau sekadar bermain air.

Melihat Aktivitas Nelayan

Jika beruntung, Anda bisa melihat nelayan lokal yang sedang beraktivitas, mulai dari memperbaiki jaring, menyiapkan perahu, berlabuh atau proses membawa hasil tangkapan ikan.

Memancing

Bagi Anda yang suka memancing, Pantai ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Anda bisa memancing di pantai atau menyewa perahu untuk memancing di laut.

Menikmati Sunset

Dengan langit yang berubah warna dari biru menjadi oranye dan merah, matahari terbenam di Pantai Ngrenehan akan menjadi penutup yang sempurna untuk hari Anda.

 

Kuliner di Sekitar Pantai

Salah satu daya tarik utama Pantai Ngrenehan adalah wisata kuliner seafood-nya. Di sekitar pantai ada banyak warun, uniknya warung di pantai ini juga menerima jasa memasak seafood yang telah anda beli dari tempat pelelangan atau pasar ikan.

Tips Berkunjung

Perlengkapan: Bawa topi, kacamata hitam dan tabir surya jika perlu.

Kebersihan: Pantai adalah tempat yang indah dan harus kita jaga kebersihannya. Selalu buang sampah pada tempatnya dan jangan meninggalkan sampah di pantai.

Menghargai kehidupan lokal: Pantai ini merupakan tempat kerja bagi nelayan lokal. Hormati mereka dan jangan mengganggu aktivitas mereka, mintalah izin terlebih dahulu sebelum mengambil foto.

Waktu kunjungan: Pantai Ngrenehan buka 24 jam, tetapi waktu terbaik untuk berkunjung adalah di pagi hari saat matahari terbit atau sore hari saat matahari tenggelam.

Makanan dan Minuman: Cobalah makanan dan minuman khas di warung dan kafe di sekitar pantai. Seafood segar seperti ikan bakar dan cumi goreng adalah beberapa menu yang harus Anda coba.

Keamanan: Selalu patuhi peraturan dan petunjuk yang ada untuk keamanan Anda sendiri. Jangan berenang terlalu jauh dari pantai dan selalu waspada terhadap ombak dan arus laut.

 

Wisata di Sekitar Pantai Ngrenehan

Pantai Tohudan

pantai ini belum banyak diketahui oleh wisatawan dan hanya berjarak 200 meter dari Pantai Ngrenehan, Anda bisa ke pantai ini dengan berjalan kaki / trekking melewati bukit karang.

Pantai Ngobaran

Pantai ini terkenal karena memiliki pura di atas tebing dan sering digunakan untuk upacara keagamaan umat Hindu. Pantai Ngobaran juga menawarkan pemandangan alam yang indah dengan tebing-tebing karang.

Pantai Ngedan

Pantai ini masih sangat alami dan belum banyak dikunjungi oleh wisatawan. Di sini, Anda bisa menikmati pantai dengan suasana yang damai dan tenang.

 

Kesimpulan

Pantai Ngrenehan adalah destinasi wisata yang menawarkan lebih dari sekadar keindahan alam. Dengan sejarah yang kaya, budaya lokal yang menarik, dan berbagai aktivitas yang bisa dilakukan, Pantai Ngrenehan adalah tempat yang sempurna untuk liburan Anda selanjutnya.

 

Categorized in: