Stonehenge Merapi Park

Stonehenge Merapi Park merupakan salah satu pilihan tempat wisata di Yogyakarta paling tepat untuk bepergian bersama keluarga atau pasangan. Bagi kamu yang belum pernah tahu nama tempat ini, kamu harus mencoba mengujunginya dan rasakan sendiri keindahan tempat ini.

Di Yogyakarta memang ada banyak sekali tempat wisata alam indah, sampai membuat orang – orang bingung harus mengunjungi yang mana terlebih dulu. Kota ini memang sangat terkenal, tidak hanya dari keestetikan kota dan sejarah saja, namun juga berbagai tempat wisata alam.

Stonehenge Merapi Park adalah tempat wisata alam di daerah gunung Merapi yang terdiri dari replika stonhange. Sebenarnya Stonehenge ada di negara Inggris, namun kamu bisa melihat replikanya di Yogyakarta tanpa harus pergi ke luar negeri.

Meskipun hanya replika atau bukan batu alam asli, namun kamu bisa memanfaatkannya sebagai spot foto terbaik untuk mengisi story atau status WA. Selain itu, ada beberapa keunggulan lain saat berwisata ke tempat ini.

Keunggulan Wisata Stonehenge Merapi Park

Kamu pasti mencari tahu apa keunggulan atau daya tarik yang diberikan oleh sebuah tempat wisata sebelum mengunjunginya. Hal ini wajar saja, karena biasanya orang – orang takut tertipu dan merasa tidak puas setelah mengunjungi tempat wisatanya.

Kelihatannya, Stonehenge di Yogyakarta hanya berbentuk batu – batu replika biasa. Namun ada daya tarik yang membuatmu harus datang ke sana untuk menikmati keindahannya. Inilah beberapa daya tarik atau keunggulannya tersebut.

  1. Ada Sejarah Tentang Erupsi Gunung Merapi

Stonehenge Merapi Park merupakan tempat wisata yang bersejarah. Kamu pasti pernah mendengar peristiwa erupsi gunung Merapi, tepatnya ada tahun 2010. Erupsi gunung ini membuat banyak warga yang tinggal di daerah lereng pindah ke daerah lainnya.

Warga yang dulu tinggal di daerah Stonehenge adalah warga dusun Petung. Mereka memiliki mata pencaharian yaitu berkebun. Namun erupsi gunung membuat aktivitas mereka terganggu dan terancam. Sehingga wilayah ini akhirnya dialihkan menjadi tempat wisata.

Meskipun daerah ini rawan erupsi gunung, namun tetap banyak pengunjungnya. Kamu juga bisa mendatanginya untuk melihat pemandangan alam yang sangat indah.

  1. Ada Pemandangan Gunung Merapi

Salah satu hal menarik yang membuat orang – orang ingin datang ke Stonehenge Merapi Park adalah karena ada pemandangan gunung Merapi yang sangat indah. Tempat ini merupakan titik yang tepat untuk melihat pemandangan gunung Merapi dari jarak yang cukup dekat.

Artikel Terkait  Gereja Ayam Bukit Rhema: 7 Daya Tarik dan Harga Tiket Masuk

Kamu bisa membawa minuman hangat sambil menikmati keindahan gunung tersebut, karena kesejukan di daerah lereng memang sangat mendukung untuk berlama – lama di sana. Kamu bebas berkunjung jam berapa saja untuk mendapat pemandangan gunung Merapi yang indah.

  1. Dapat Dijadikan Spot Foto Terbaik

Replika bebatuan dan gunung Merapi dapat menjadi spot foto terbaik. Kebanyakan orang akan berfoto di dekat Stonehenge karena hasilnya jauh lebih estetik. Ada batu – batu dengan ukuran tinggi sekitar 4- 8 meter. Apalagi, replika bebatuan unik seperti ini hanya ada 1 di Indonesia.

Spot foto ini menjadi semakin menarik karena ada pohon – pohon tinggi di sekitarnya. Setiap harinya, ada banyak sekali pengunjung yang datang untuk melihat pemandangan dan mengambil foto. Sehingga kamu harus mengantre untuk berfoto di dekat bebatuan tersebut.

Dari beberapa sumber, terdapat informasi bahwa pengunjung Stonehenge Merapi Park bisa mencapai 300 orang setiap harinya. Namun tempat ini cukup luas untuk menampung semua wisatawan tersebut. Kamu tidak perlu khawatir harus berdesak – desakan di sini.

  1. Dapat Dijadikan Latar Belakang Foto Pre Wedding

Tidak hanya dapat dijadikan spot foto terbaik bagi kamu yang suka upload Instagram story, konten tik tok atau status WA. Tempat wisata ini juga bisa dijadikan latar belakang foto pre wedding, karena bentuk bebatuannya sangat indah dan estetik untuk pernikahan.

Jika kamu ingin foto di Stonehenge Merapi Park untuk pre wedding, kamu bisa menghubungi pihak pengelola terlebih dulu agar membantu mengkondisikan para pengunjung. Beberapa orang sudah mencoba foto pre wedding di sini untuk mendapat pengalaman terbaik.

Selain itu, banyak orang yang merasa ada energi spiritual yang menyertai selama berada di sana. Hal ini sangat cocok dengan pernikahan yang cukup sakral. Bahkan ada banyak orang yang memakai pakaian adat tertentu untuk foto pre wedding di sana.

  1. Fasilitas Pendukung

Menariknya lagi, ada banyak fasilitas pendukung yang membuat nyaman orang – orang saat berkunjung. Fasilitas pendukung tersebut berupa toilet dan warung – warung kecil. Juga ada parkiran untuk wisatawan yang membawa kendaraan seperti mobil dan motor.

Artikel Terkait  Museum Batik Yogyakarta : Info Lokasi dan Tiket Masuk

Kamu tidak perlu khawatir masalah makanan dan minuman saat berkunjung ke Stonehenge Merapi Park. Warung – warung kecil di sekitarnya cukup untuk membuat pengunjung kenyang. Selain itu, warung – warung ini juga menjual minuman hangat yang cocok dengan situasinya.

Selain warung, juga ada pedagang – pedagang kecil yang menjual camilan. Jika kamu suka makan camilan dan lupa membawanya sendiri, langsung saja beli di pedagang kecil tersebut. Jika dilihat – lihat, memang jumlah pedagang kecil lebih banyak daripada warung – warung.

  1. Dekat dengan Objek Wisata Lain

Kamu harus mengunjungi Stonehenge Merapi Park karena lokasinya dekat dengan tempat wisata lain. Objek wisata lainnya yang dekat adalah Museum Gunung Merapi, Candi Borobudur, Batu Alien dan masih banyak lagi.

Jika dekat dengan objek wisata lain, kamu jadi tidak perlu menyetir jauh – jauh untuk mengunjungi objek wisata lain tersebut. Selain waktu perjalanan yang singkat, kamu juga bisa mengunjungi beberapa objek wisata sekaligus hanya dalam waktu 1 hari saja.

Setelah melihat apa saja keunggulannya, tentu kamu ingin mencoba mengunjunginya baik untuk sekedar berwisata atau foto pre wedding. Namun sebelum itu, pahami dulu di mana lokasinya, berapa harganya dan jam operasionalnya.

Lokasi, Harga dan Jam Operasional

Sebelum mendatangi objek wisata ini, tentu kamu harus tahu dulu di mana lokasinya dan berapa harga tiket masuk yang ditetapkan pengelola, agar dapat langsung mengunjunginya tanpa salah arah dan memperkirakan berapa biaya yang perlu dibawa.

Lokasi Stonehenge Merapi Park adalah di Dusun Petung, Desa kepuharjo, Kabupaten Sleman. Kamu bisa datang ke sini dengan membawa motor atau mobil. Untuk menjangkau lokasinya, kamu dapat pergi ke pertigaan Wisata Petug, lalu belok kanan sampai menemukannya.

Harga tiket masuk yang ditetapkan adalah 15.000 per orang. Tentu harga tiket ini tidak mahal, hanya dengan harga tersebut, kamu sudah bisa melihat pemandangan indah replika Stonehenge dan gunung Merapi. Jika ingin foto pre wedding, kamu perlu membayar 150.000.

Tempat wisata ini buka setiap hari dari pukul 07.30 sampai 18.30 WIB. Tidak ada jam ramai tertentu, karena tempat ini nyaman dikunjungi jam berapa saja. Kamu bisa mengunjunginya dengan sewa motor Jogja hanya di Farrago.

Farrago merupakan tempat sewa motor lengkap dengan fasilitas helm dan jas hujan. Cocok untuk kamu yang ingin segera ke Stonehenge Merapi Park bersama teman atau pasangan.

Categorized in: